Sunday 17 April 2016

MENJADIKAN FLASHDISK UNTUK INSTALL ULANG KOMPUTER ATAU LAPTOP

biasanya saat membuka jasa install ulang laptop, kebanyakan yang memesan adalah pemilik notebook atau laptop yang tidak mempunya DVD driver. maka dari itu saya akan membagikan tentang bagaimana cara mengubah format FLASDISK agar dapat digunakan untuk install ulang laptop tanpa aplikasi tambahan.

prinsip kerja dari cara ini, dengan mengubah format dari FD. FD yang baru biasanya mempunyai format FAT32. sedangkan format FD yang digunakan untuk menginstall ulang dengan cara boot yaitu menggunakan format NTFS. NTFS sama dengan format yang digunakan oleh setiap partisi pada komputer. jadi harus menggunakan NTFS agar falsdisk dapat compatible dengan set-up windows.

MENJADIKAN FLASHDISK UNTUK INSTALL ULANG KOMPUTER ATAU LAPTOP
  • cara yang pertama adalah pilih flasdisk yang akan digunakan (min 4GB sesuai dengan berat file), kemudian colok pada PC anda.
  • setelah flasdisk terbaca, format Flashdisk anda dengan cara klik kanan pada Partisi Flashdisk kemudian pilih format, maka akan muncul gambar seperti di bawah ini.

  • pada kolom File System, ubah FAT32 menjadi NTFS.
  • setelah itu pilih Start, maka proses format akan berjalan.
  •  setelah proses format selesa, klik kanan pada Partisi flasdisk anda File System yang sebelumnya FAT32 berubah menjadi NTFS.

  • copykan hasil ekstrak file ISO ke dalam Flasdisk, kemudian restart komputer dan atur BIOS untuk instalasi menggunakan USB.

sebelum melakukan cara diatas, hendaknya backup data teman-teman. karena dengan memformat FD, semua data akan terhapus secara permanen. terima ksih, semoga bermanfaat dan dapat diamalkan.

No comments:

Post a Comment